• SMA NEGERI 1 PASAMAN
  • Berprestasi dan Berakhlak Mulia

SMAN 1 Pasaman Gelar Tes Kepribadian MBTI Bersama Ganesha Operation

Agar siswa mengenal tipe kepribadiannya, kekuatan dan kelemahannya, SMAN 1 Pasaman bekerjasama dengan Ganesha Operation (GO) mengadakan Tes MBTI untuk siswa Kelas 12 pada hari Jumat 03 November 2023 di Labor TIK SMAN 1 Pasaman. Sesi pertama tes MBTI ini diikuti oleh kelas 12 MIPA 1,2,3 dan 4, sedangkan sesi kedua dan ketiga diikuti oleh Kelas 12 MIPA 5, IPS 1,2 dan IPS 3,4 dan 5.
 
Mudah-mudahan dengan diadakannya Test MBTI ini dapat memberikan gambaran bagaimana kepribadian, minat dan bakat siswa/i khususnya kelas 12. Nah, untuk itu jika siswa/i sudah mengetahui minat dan bakat diri sendiri, mereka akan lebih mudah untuk menentukan tujuan di Jurusan apa dan PTN mana yang akan dipilih di jenjang pendidikan selanjutnya.

Tes kepribadian menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenal diri sendiri. Dengan melakukan tes kepribadian, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kelebihan serta kelemahan diri kamu sendiri. 

Namun, tes kepribadian bukanlah sebuah pemeriksaan untuk mendiagnosis adanya gangguan kesehatan mental. Ada berbagai jenis tes kepribadian yang bisa kamu lakukan, salah satunya tes kepribadian Myers Briggs Type Indicator atau MBTI. 

Tes kepribadian MBTI adalah tes kepribadian yang dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Yuk, ketahui serba-serbi tes ini lebih banyak, di sini!

Serba-Serbi Tes Kepribadian MBTI

Tes kepribadian MBTI dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katharine Briggs berdasarkan teori psikologi dari Carl Jung. Saat ini tes kepribadian MBTI menjadi salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan. 

Tes kepribadian MBTI banyak dilakukan secara online melalui website tertentu yang bisa diakses tanpa berbayar. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk melakukan tes ini untuk lebih memahami karakter diri sendiri. 

Sementara itu, Tes kepribadian MBTI akan dilakukan dengan berbagai pertanyaan yang wajib dijawab oleh penggunanya. Dengan begitu, pengguna pemeriksaan ini diharapkan dapat mengenali dan memahami kepribadian diri mereka masing-masing. 

Hal ini termasuk kesukaan, kekuatan, kelemahan, referensi pekerjaan, hingga cara bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan. 

Sebenarnya, hasil dari tes kepribadian ini tidak akan menunjukkan hasil yang salah atau benar. 

Tetapi tujuannya untuk memastikan kamu mengenali diri kamu sendiri. Kuesioner atau pertanyaan yang akan dijawab oleh pengguna tes ini terdiri dari 4 skala yang berbeda, yaitu:

1. Extraversion (E) – Introversion (I)

Skala ini digunakan untuk menggambarkan bagaimana kamu merespon dan berinteraksi dengan orang luar atau lingkungan. Dengan kata lain, skala ini bertujuan untuk mengenali cara bersosialisasi yang kamu lakukan.

Extraversion atau ekstrovert adalah kondisi yang berorientasi pada tindakan, menikmati interaksi dengan sosial, dan kembali berenergi setelah bertemu dengan orang lain. 

Sebaliknya, introversion atau introvert berorientasi pada pemikiran, menikmati interaksi sosial yang bermakna dan mendalam, serta merasa berenergi setelah menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri.

2. Sensing (S) – Intuition (N)

Skala ini melibatkan bagaimana seseorang mengumpulkan sebuah informasi dari lingkungan di sekitarnya (persepsi). Mereka yang berada pada tahap sensing akan lebih cenderung mempercayai informasi yang ada di masa sekarang sebagai sebuah informasi yang nyata dan konkret. 

Hal ini berkaitan dengan sensing atau informasi yang dapat dipahami oleh panca indera dengan adanya data dan fakta.

Sementara itu, mereka yang termasuk dalam intuition lebih percaya pada informasi yang abstrak atau teoritis dan dapat dikaitkan dengan informasi yang lainnya. Kelompok intuition lebih tertarik dengan kemungkinan yang terjadi di masa depan.

3. Thinking (T) – Feeling (F)

Thinking dan feeling adalah skala yang digunakan untuk menilai kemampuan kamu dalam mengambil keputusan (judging). Nah, Thinking dan feeling dibutuhkan untuk membuat keputusan yang rasional dan sesuai dengan data atau fakta yang diterima oleh intuisi.

Seseorang yang masuk ke dalam kelompok thinking biasanya membuat sebuah keputusan dengan melihat informasi yang dianggap masuk akal, logis, konsisten, dan cocok dengan berbagai informasi lainnya yang dikumpulkan. 

Sedangkan mereka yang menggunakan feeling, akan lebih sering mengambil keputusan berdasarkan empati, melihat situasi tertentu, dan mempertimbangkan kebutuhan orang-orang yang terlibat.

Simpati dan empati kerap tertukar, padahal keduanya berbeda. Simak penjelasannya dalam artikel: Kerap Disamakan, Ini Beda Simpati dan Empati

4. Judging (J) – Perceiving (P)

Myers dan Briggs menambahkan skala lain, judging dan perceiving untuk mengidentifikasi cara seseorang dalam menilai lingkungan di sekitar mereka menggunakan judging atau perceiving

Tipe judging akan lebih menyukai keputusan dan struktur yang tegas. Sedangkan perceiving lebih terbuka, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Kedua skala ini berkaitan langsung dengan tipe skala lainnya dalam tes MBTI.

Itulah serba-serbi tes kepribadian MBTI yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, maka akan terlihat salah satu tipe kepribadian dari 16 jenis kepribadian yang bisa diidentifikasi oleh tes MBTI.

Berikut ini 16 jenis kepribadian yang bisa diidentifikasi oleh tes MBTI, seperti ISTJ, ISTP, ISFJ, ISFP, INFJ, INFP, INTJ, INTP, ESTP, ESTJ, ESFP, ESFJ, ENFP, ENFJ, ENTP, dan ENTJ. Namun, apakah hasil tes ini akurat? Simak penjelasannya dalam artikel: Akuratkah Tes Kepribadian dengan MBTI?

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMAN 1 Pasaman Juara Umum MY RUBEL COMPETITION

Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Pasaman berhasil meraih Juara Umum dalam ajang Lomba Antar Pelajar Se-Kabupaten Pasaman Barat yang diadakan oleh Bimbel MY RUBEL pada hari Sabtu tgl. 27 Ja

28/01/2024 11:41 WIB - Mon Eferi
INFORMASI PPDB KELAS BERASRAMA TP. 2024/2025

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke Kelas Berasrama SMA Negeri 1 Pasaman, informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama SMAN 1 Pasaman TP.

25/01/2024 13:02 WIB - Mon Eferi
Ekspos Hasil Study Tiru ke SMAN 2 Denpasar

Pagi ini, setelah upacara bendera Senin 15/01/2024, Kepala Smansa Pasaman Bpk. Ahmad Hosen, S.Pd., MM. menyampaikan hasil pengamatan beliau selama study tiru yang baru saja dilakukan pa

16/01/2024 16:00 WIB - Mon Eferi
MKKS SMAN Pasaman Barat Study Tiru Ke SMAN 2 Denpasar

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan, Kepala Smansa Pasaman bersama rombongan MKKS SMA Negeri Pasaman mengadakan Study Tiru ke SM

15/01/2024 10:55 WIB - Mon Eferi
IHT Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Hari I Lokakarya SMA Negeri 1 Pasaman, Kamis 04 Januari 2024, diisi dengan Workshop Perencanaan Berbasis Data dan Pengelolaan Kinerja Guru serta Kepala Sekolah, dengan narasumber Bpk. J

04/01/2024 15:41 WIB - Mon Eferi
Pemilihan Wakil Kepala Sekolah yang Baru

Wakil Kepala Sekolah merupakan tangan kanan Kepala Sekolah yang membantu Kepala Sekolah dalam mengelola kelangsungan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tugas pokok dan

04/01/2024 15:24 WIB - Mon Eferi
Seminar "Integrating Altissia into Classroom Lessons"

Pada hari Selasa 19 Desember 2023 SMA Negeri 1 Pasaman mengikuti Kegiatan Seminar Altissia "Integrating Altissia into Classroom Lessons" dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan

22/12/2023 13:25 WIB - Mon Eferi
Rapat Koordinasi Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional 2023

Bertepatan dengan awal bulan November 2023, pada hari Rabu tgl. 01 November 2023, SMAN 1 Pasaman diundang mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 dan

01/11/2023 14:15 WIB - Mon Eferi
Dzaid Raih Juara 3 Karate Hasvaganza 2023

Siswa SMAN 1 Pasaman Dzaid Ibnu Zaki (12 IPS 1) berhasil meraih juara 3 pada ajang Kejuaraan Karate Open Tournament Bukittinggi yang diadakan oleh HASVAGANZA (Event and Competition) ITB

29/10/2023 10:20 WIB - Mon Eferi
Wirid Remaja 28 Oktober 2023; Taqwa sebagai Jalan Keselamatan Hidup Dunia Akhirat

Tak terasa sudah genap satu tahun pelaksanaan Program Wirid Remaja SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Sumatera Barat sejak diluncurkan oleh Bapak Gubernur Sumbar, Buya H. Mahyeldi Ansharullah

28/10/2023 17:15 WIB - Mon Eferi