• SMA NEGERI 1 PASAMAN
  • Berprestasi dan Berakhlak Mulia

Panen Karya P5 SMAN 1 Pasaman Tahun 2024

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. Dengan menjalankan P5, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik untuk dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Dimensi profil pelajar Pancasila menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

Sedangkan Profil Pelajar Pancasila itu sendiri adalah "Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila."

Setelah mengikuti kegiatan Pembelajaran Proyek P5 dengan Tema Kearifan Lokal "Maliti Anak" dan "Makan Bajamba" untuk Kelas X, serta Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya yang mengambil tema "Kampanye Anti Bullying" untuk Kelas XI  dari tanggal 22 s.d. 27 April 2024, maka siswa SMAN 1 Pasaman menggelar Panen Karya P5 mereka pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2024.

Kepala SMAN 1 Pasaman, Ibu Suhelpi, M.Pd. mengatakan bahwa ajang ini adalah ruang apresiasi bagi siswa untuk menunjukkan bakat dan potensi yang dimiliki mereka. "Ini adalah puncak dari proses mereka belajar selama satu tahun. Semua dituangkan dalam Panen Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini. Masing-masing kelas menampilkan kesenian berbagai kebudayaan yang ada di Pasaman Barat sebagai daerah yang multi etnis," katanya.

Selain itu, lanjutnya, ini juga menjadi cara bagi sekolah untuk mengajak siswa melestarikan warisan budaya di Indonesia. "Kita berharap, dengan P5 ini, budaya asli Indonesia (ada gotong-royong, kebinekaan global, kreativitas, dan kemandirian) anak-anak kita bisa menerapkan itu," harapnya. 

Maliti anak adalah prosesi acara adat di saat pesta perkawinan yang diselenggarakan oleh kerabat pihak ayah. Maliti anak ini merupakan suatu tradisi kebanggaan bagi masyarakat Pasaman Barat. Prosesi Adat Maliti Anak ini dapat ditemukan di kecamatan Kinali, kecamatan Luhak Nan Duo, Pasaman dan Sasak Ranah Pasisia. Tapi yang paling luar biasa semangatnya untuk tradisi maliti anak ini adalah kecamatan Kinali.

Pada tradisi maliti anak ini keluarga pihak ayah pengantin(yang punya perhelatan) akan datang dengan rombongan yang banyak. 

Karena yang pergi banyak, so pasti yang dibawa buah tangan untuk pengantin otomatis banyak juga lho. Di sini nih uniknya maliti anak ala urang awak Kinali. Si nenek sang pengantin akan menyiapkan satu ekor sapi/kerbau yang akan digiring ke rumah pengantin. Kebayangkan berapa juta harga sapi/kerbau? Nah, memang begitu adanya di kampung Kinali. Terkadang ada yang tidak mau ribet bawa-bawa sapi/kerbau. Si nenek pengantin akan menyediakan uang senilai sapi/kerbau tersebut, lalu dibuat suntiang (uang diikat menggunakan benang, disusun seperti pohon menggunakan pelepah rumbia/batang pisang yang diambil tengahnya lalu ditusuk dengan bambu yang diraut sebagai cabang-cabangnya) menyerupai pohon. Ya pohon duit berjut-jut. ????

Sesampainya rombongan maliti anak di rumah pesta, para rombongan disambut dengan silek galombang(silat gelombang) serta riuh dan semangatnya suara dentuman tambua tasa dan cenang serta aguang.

Kedua pengantin keluar rumah untuk menyambut kedatangan rombongan pihak ayahnya. Setelah silat selesai, sapi akan dikasihkan ke tangan pengantin. Bawaan yang banyak dari rombongan akan disambut oleh pihak pengantin. Bawaan ini biasanya disusun di atas talam dan diikat dengan kain panjang.

Kegiatan Gelar Karya P5 dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman Barat Dr. Adrianto, M.Pd. mewakili Bupati Pasaman Barat.

Acara maliti anak diakhiri dengan makan bajamba, dimana pihak rombongan pengantin dijamu makan bersama oleh tuan rumah. Sebelum makan bersama, ada pengantar dalam bentuk pasambahan atau panitahan dalam bahasa Minang antara pihak pengantin yang disambut oleh perwakilan tuan rumah.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Cabdin Wilayah VI Gelar Sosialisasi Pengisian E-Kinerja Melalui PMM

Untuk menyamakan persepsi tentang pengisian E-Kinerja melalui Portal Merdeka Mengajar, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Sumatera Barat menggelar Sosialisasi Pengisian E-Kinerja Melalu

10/06/2024 16:45 WIB - Mon Eferi
Smansa Pasaman Gelar Pelatihan Asesmen Berorientasi Literasi Numerasi

Salah satu ciri bangsa yang maju adalah bangsa yang mempersiapkan generasi penerus sebagai elemen penting penerus cita-cita bangsa. Penyiapan generasi muda atau sumber daya manusia sa

29/05/2024 09:45 WIB - Mon Eferi
Rapat Terakhir Sebelum Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah Smansa Pasaman

Pagi ini, Selasa 26 Maret 2024, suasana pertemuan di Ruang Guru SMA Negeri 1 Pasaman terasa berbeda. Selain unsur pimpinan, majelis guru dan pegawai, juga terlihat hadir Ketua Komite Se

26/03/2024 22:21 WIB - Mon Eferi
KPRI SMAN 1 Pasaman Gelar RAT Tahun Buku 2023

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) SMA Negeri 1 Pasaman Tahun Buku 2023 Kamis, 07 Maret 2024   Koperasi Pegawai Republik Indonesi

07/03/2024 11:45 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Hadiri Bedah Buku "200 Tahun Perang Padri"

    SMA Negeri 1 Pasaman memenuhi undangan bedah buku "200 Tahun Perang Padri" karya Prof. Dr. Gusti Asnan, Tokoh Sejarawan Nasional asal Lubuk Sikaping yang menjadi Guru

01/03/2024 10:00 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Juara Umum MY RUBEL COMPETITION

Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Pasaman berhasil meraih Juara Umum dalam ajang Lomba Antar Pelajar Se-Kabupaten Pasaman Barat yang diadakan oleh Bimbel MY RUBEL pada hari Sabtu tgl. 27 Ja

28/01/2024 11:41 WIB - Mon Eferi
INFORMASI PPDB KELAS BERASRAMA TP. 2024/2025

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke Kelas Berasrama SMA Negeri 1 Pasaman, informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama SMAN 1 Pasaman TP.

25/01/2024 13:02 WIB - Mon Eferi
Ekspos Hasil Study Tiru ke SMAN 2 Denpasar

Pagi ini, setelah upacara bendera Senin 15/01/2024, Kepala Smansa Pasaman Bpk. Ahmad Hosen, S.Pd., MM. menyampaikan hasil pengamatan beliau selama study tiru yang baru saja dilakukan pa

16/01/2024 16:00 WIB - Mon Eferi
MKKS SMAN Pasaman Barat Study Tiru Ke SMAN 2 Denpasar

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan, Kepala Smansa Pasaman bersama rombongan MKKS SMA Negeri Pasaman mengadakan Study Tiru ke SM

15/01/2024 10:55 WIB - Mon Eferi
IHT Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Hari I Lokakarya SMA Negeri 1 Pasaman, Kamis 04 Januari 2024, diisi dengan Workshop Perencanaan Berbasis Data dan Pengelolaan Kinerja Guru serta Kepala Sekolah, dengan narasumber Bpk. J

04/01/2024 15:41 WIB - Mon Eferi