Gedung tua SMANSa di robohkan

Perubahan merupakan keniscayaan. “Tak ada yang abadi kecuali perubahan”, begitulah kata orang diluar sana. Sejalan dengan perkembangan dan pembenahan fisik Smansa Pasaman, maka gedung tua yang merupakan bangunan pertama SMAN 1 Pasaman (SMA 12 Mei dulunya) harus merelakan diri untuk dibongkar.

Gedung yang dibangun sekitar tahun 1959 ini sebenarnya masih cukup kuat. Namun perkembangan zaman menuntut semua bangunan tua harus diremajakan. Apalagi dengan status Smansa Pasaman sebagai Sekolah Rujukan yang terletak di ibukota kabupaten Pasaman Barat, dituntut untuk tampil lebih prima daripada sekolah-sekolah lainnya di Pasaman Barat, baik dalam penampilan fisik maupun prestasi.

Meskipun bangunan tua ini akan segera lenyap, namun kenangan manisnya akan terukir abadi dalam memori ribuan alumni yang pernah menuntut ilmu di empat ruang kelas dengan gonjong didepannya ini. Insya Allah, lahan bekas gedung ini akan kita ganti dengan taman-taman dan gazebo yang akan mempercantik dan membuat siswa semakin betah berada di sekolah.

Satu lagi yang tak akan ditemukan lagi adalah tulisan SMA NEGERI 1 PASAMAN yang terpampang jelas di atap bangunan ini, sehingga bisa terbaca dari Google Map.