• SMA NEGERI 1 PASAMAN
  • Berprestasi dan Berakhlak Mulia

PELANTIKAN PRAMUKA GUDEP 01.001-01.002 SMAN 1 PASAMAN

Kegiatan ekstrakurikuler berguna untuk membantu siswa untuk mengembangkan potensi, bakat, dan minat yang dimiliki. Dari sekian banyak kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan di SMAN 1 Pasaman, ekstrakurikuler Pramuka tetap menjadi yang terfavorit dan tidak pernah sepi peminat. Ada banyak alasan masuk Pramuka yang membuat ekskul ini selalu ramai. 

Dengan datangnya siswa baru Kelas X Tahun Pelajaran 2023/2024, maka Gudep 01.001-01.002 SMA Negeri 1 Pasaman telah mengadakan pendaftaran dan seleksi penerimaan calon anggota Pramuka tingkat Penegak tahun 2023. Setelah mengikuti serangkaian seleksi dan pengujian sesuai buku SKU dibawah bimbingan Pembina Bapak Rezki Pratama, S.Pd. dan Ibu Fitri Herlina, S.Pd.I, maka pada hari Ahad tanggal 3 September 2023 diadakan acara Pelantikan Pramuka Penegak Gudep 01.001-01.002 di Bumper Lapangan Upacara SMAN 1 Pasaman. Selain pelantikan Pramuka Penegak, juga dilaksanakan pelantikan Penegak Bantara dan Penegak Laksana yang telah memenuhi persyaratan Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk masing-masing tingkatan.

Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Penegak Laksana Gudep 01.001-01.002 SMAN 1 Pasaman ini dilakukan oleh Waka Humas SMAN 1 Pasaman, Bapak Asman, S.Pd. mewakili Kepala Sekolah selaku Kamabigus SMAN 1 Pasaman. Selain itu juga hadir beberapa orang alumni yang dulunya juga aktivis Pramuka di SMAN 1 Pasaman.

Kegiatan pada ekstrakurikuler ini sangat seru dan pastinya sangat bermanfaat untuk kehidupan kamu. Inilah berbagai alasan masuk Pramuka untuk pelajar SMA:

1. Melatih untuk Memiliki Karakter Disiplin

Sebagai seorang siswa, kamu diharuskan untuk memiliki karakter disiplin. Karakter ini bisa ditumbuhkan dengan mengikuti ekstrakurikuler Pramuka. Alasannya karena kegiatan Pramuka dilaksanakan dengan jadwal dan tata tertib yang ketat. Dimana jadwal dan tata tertibnya harus dipatuhi oleh seluruh peserta hingga acaranya selesai.

Semua peserta harus disiplin saat datang untuk mengikuti upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat di waktu yang ditentukan hingga menggunakan atribut yang lengkap. Atribut-atribut yang wajib digunakan adalah kaos kaki hitam, sepatu hitam, dasi, topi, tongkat dan sebagainya.

2. Menanamkan Karakter Mandiri

Karakter mandiri bisa dilatih dengan beberapa cara, salah satunya melalui kegiatan Pramuka. Seperti yang diketahui seringkali kegiatan Pramuka dilaksanakan jauh dari rumah dan tidak melibatkan orangtua. Adapun kegiatan yang dimaksud seperti berkemah.

Ketika kamu ikut berkemah maka dituntut untuk tinggal bersama anggota Pramuka lainnya. Saat kegiatan berlangsung, kamu diharuskan untuk mengurus semua kebutuhan sendiri. Mulai dari memasak, mencuci alat makan dan baju, membersihkan tempat yang ditinggali dan sebagainya.

3. Meningkatkan Rasa Peduli

Selain berkemah, kegiatan Pramuka yang juga sering dilakukan adalah kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial tersebut seperti penggalangan bantuan. Kegiatan bakti sosial yang diadakan tersebut bertujuan untuk melatih anak meningkatkan rasa peduli dengan sesama yang sedang sakit atau kesusahan.

4. Belajar Bekerjasama

Jika aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, kamu akan sering bertemu dan bekerjasama dengan orang lain dengan karakter yang berbeda-beda. Sering bertemu dan bekerjasama dengan orang lain tentu sangat bermanfaat karena secara tidak langsung kamu sedang belajar menekan rasa egois, belajar memecahkan masalah bersama-sama dan belajar bersosialisasi untuk melakukan kegiatan bersama.

5. Melatih Semangat Gotong Royong

Alasan masuk Pramuka selanjutnya adalah melatih semangat gotong royong. Kegiatan-kegiatan adalah ekstrakurikuler Pramuka mengharuskan para anggotanya untuk bekerja sama dan saling gotong royong. Melalui berbagai kegiatan aktivitas yang diadakan membuat kamu dan anggota lainnya semakin kompak dan selalu semangat bergotong royong.

6. Berlatih Mencintai Alam

Banyak kegiatan Pramuka yang dilakukan di luar sekolah, bahkan sering diadakan di alam terbuka. Kegiatan-kegiatan yang diadakan di alam terbuka bukanlah tanpa alasan. Tujuannya yaitu agar kamu belajar atau berlatih untuk selalu mencinta alam. Saat kegiatan berlangsung, jangan mengotori alam dengan membuang sampah sembarangan.

7. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Kepemimpinan menjadi hal yang sangat ditekankan pada ekstrakurikuler ini. Dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, kamu akan dilatih untuk memiliki jiwa seorang pemimpin. Baik itu memimpin diri sendiri atau memimpin kelompok kecil dalam suatu tim.

Nah itulah 7 alasan masuk Pramuka untuk pelajar SMA. Penjelasan-penjelasan diatas diharapkan bisa meyakinkan kamu jika ekstrakurikuler Pramuka merupakan ekskul yang sangat bermanfaat dan patut untuk diikuti. Jika kamu ikut ekstrakurikuler ini, jangan lupa mengamalkan atau menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMAN 1 Pasaman Juara Umum MY RUBEL COMPETITION

Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Pasaman berhasil meraih Juara Umum dalam ajang Lomba Antar Pelajar Se-Kabupaten Pasaman Barat yang diadakan oleh Bimbel MY RUBEL pada hari Sabtu tgl. 27 Ja

28/01/2024 11:41 WIB - Mon Eferi
INFORMASI PPDB KELAS BERASRAMA TP. 2024/2025

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke Kelas Berasrama SMA Negeri 1 Pasaman, informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama SMAN 1 Pasaman TP.

25/01/2024 13:02 WIB - Mon Eferi
Ekspos Hasil Study Tiru ke SMAN 2 Denpasar

Pagi ini, setelah upacara bendera Senin 15/01/2024, Kepala Smansa Pasaman Bpk. Ahmad Hosen, S.Pd., MM. menyampaikan hasil pengamatan beliau selama study tiru yang baru saja dilakukan pa

16/01/2024 16:00 WIB - Mon Eferi
MKKS SMAN Pasaman Barat Study Tiru Ke SMAN 2 Denpasar

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan, Kepala Smansa Pasaman bersama rombongan MKKS SMA Negeri Pasaman mengadakan Study Tiru ke SM

15/01/2024 10:55 WIB - Mon Eferi
IHT Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Hari I Lokakarya SMA Negeri 1 Pasaman, Kamis 04 Januari 2024, diisi dengan Workshop Perencanaan Berbasis Data dan Pengelolaan Kinerja Guru serta Kepala Sekolah, dengan narasumber Bpk. J

04/01/2024 15:41 WIB - Mon Eferi
Pemilihan Wakil Kepala Sekolah yang Baru

Wakil Kepala Sekolah merupakan tangan kanan Kepala Sekolah yang membantu Kepala Sekolah dalam mengelola kelangsungan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tugas pokok dan

04/01/2024 15:24 WIB - Mon Eferi
Seminar "Integrating Altissia into Classroom Lessons"

Pada hari Selasa 19 Desember 2023 SMA Negeri 1 Pasaman mengikuti Kegiatan Seminar Altissia "Integrating Altissia into Classroom Lessons" dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan

22/12/2023 13:25 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Gelar Tes Kepribadian MBTI Bersama Ganesha Operation

Agar siswa mengenal tipe kepribadiannya, kekuatan dan kelemahannya, SMAN 1 Pasaman bekerjasama dengan Ganesha Operation (GO) mengadakan Tes MBTI untuk siswa Kelas 12 pada hari Ju

03/11/2023 15:15 WIB - Mon Eferi
Rapat Koordinasi Peringatan Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional 2023

Bertepatan dengan awal bulan November 2023, pada hari Rabu tgl. 01 November 2023, SMAN 1 Pasaman diundang mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 dan

01/11/2023 14:15 WIB - Mon Eferi
Dzaid Raih Juara 3 Karate Hasvaganza 2023

Siswa SMAN 1 Pasaman Dzaid Ibnu Zaki (12 IPS 1) berhasil meraih juara 3 pada ajang Kejuaraan Karate Open Tournament Bukittinggi yang diadakan oleh HASVAGANZA (Event and Competition) ITB

29/10/2023 10:20 WIB - Mon Eferi