• SMA NEGERI 1 PASAMAN
  • Berprestasi dan Berakhlak Mulia

Dukung Efektivitas PBM Daring, SMAN 1 Pasaman Bekerja Sama dengan Sekolah di Australia

Langgam.id – Mendukung efektivitas belajar mengajar secara daring selama masa pandemi, SMAN 1 Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat bekerja sama dengan sekolah dari Australia.

Kerja sama tersebut meliputi metode mengajar online dan aplikasi yang digunakan. Hal ini agar pelajar bisa berinteraksi dengan guru dan mempermudah materi diserap oleh siswa.

Melalui sambungan video call, sejumlah guru di SMAN 1 Pasaman bersama guru sekolah lain, mendapatkan materi ajar dari sejumlah guru dari Pinjarra Senior High School (PSHS) Australia.

Guru PSHS Lesley Joy mengatakan, mengajar dengan cara daring atau online menjadi tantangan baru di masa pandemi. Apabila kondisi ini disikapi dengan baik dan memanfaatkan sejumlah sarana pendukung berupa aplikasi akan lebih menarik.

Salah satunya terangnya, penggunaan Padlet dalam pembelajaran di kelas. Padlet ini dinilai lebih efektif, karena bisa memberikan ruang kepada siswa dan guru, serta didukung dengan fitur menarik sehingga PBM lebih efektif.

“Kami yakin, metode ini bisa membantu belajar dari lebih efektif dan mudah digunakan,” ujarnya selama memberikan materi.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pasaman Ahmad Hosen mengapresiasi kegiatan tersebut. Belajar dan bertukar ilmu pengetahuan serta metode ajar ini sangat baik.

Terlebih terangnya, mengarah kepada belajar daring, yang menggunakan banyak sarana dan aplikasi secara online. Australia sebagai negara tetangga dinilai memiliki kelebihan tersendiri, sehingga bisa diserap dan dipelajari, guna mendukung PBM di Indonesia, terutama di SMAN 1 Pasaman.

“Ada beberapa guru kita ikut belajar dan mereka mendapatkan ilmu tambahan, agar bisa diterapkan di Pasaman Barat,” katanya.

Ahmad Hosen menambahkan, kerja sama ini sudah berlangsung lama. Sebelum pandemi, pernah juga saling pertukaran tenaga pengajar untuk mengetahui  tentang akademik, model  mengajar, budaya, tradisi dan kesenian. Kesempatan ini, dimanfaatkan dengan cara belajar online, bertepatan dengan pandemi.

“Perwakilan guru yang ikut akan menularkan kepada guru lainnya, sehingga bisa mendukung satu sama lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, untuk pelatihan secara offline melibatkan sejumlah guru juga dilakukan di  SMAN 1 Pasaman. Yaitu dengan materi pembuatan soal HOTS/KBBT berbasis PISA dan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM).

Guru SMAN 1 Pasaman Nurismaini mengaku sangat terbantu dengan materi ajar dari mentor. Pembelajaran daring ini, terbilang baru di Indonesia, sehingga dibutuhkan pemahaman dan inovasi metode ajar menarik.

Ia menjelaskan, bahwa penjelasan tentang padlet, kegunaannya padlet, macam-macam fitur padlet, sehingga terlihat menarik, serta cara pembuatan game dengan  padlet.

“Kita sudah diajarkan dan dituntun agar materi ajar saat daring menarik dan mudah difahami,” ujarnya. (Ian) (ED)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KPRI SMAN 1 Pasaman Gelar RAT Tahun Buku 2023

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) SMA Negeri 1 Pasaman Tahun Buku 2023 Kamis, 07 Maret 2024   Koperasi Pegawai Republik Indonesi

07/03/2024 11:45 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Hadiri Bedah Buku "200 Tahun Perang Padri"

    SMA Negeri 1 Pasaman memenuhi undangan bedah buku "200 Tahun Perang Padri" karya Prof. Dr. Gusti Asnan, Tokoh Sejarawan Nasional asal Lubuk Sikaping yang menjadi Guru

01/03/2024 10:00 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Juara Umum MY RUBEL COMPETITION

Alhamdulillah, SMA Negeri 1 Pasaman berhasil meraih Juara Umum dalam ajang Lomba Antar Pelajar Se-Kabupaten Pasaman Barat yang diadakan oleh Bimbel MY RUBEL pada hari Sabtu tgl. 27 Ja

28/01/2024 11:41 WIB - Mon Eferi
INFORMASI PPDB KELAS BERASRAMA TP. 2024/2025

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan putra-putrinya ke Kelas Berasrama SMA Negeri 1 Pasaman, informasi tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kelas Berasrama SMAN 1 Pasaman TP.

25/01/2024 13:02 WIB - Mon Eferi
Ekspos Hasil Study Tiru ke SMAN 2 Denpasar

Pagi ini, setelah upacara bendera Senin 15/01/2024, Kepala Smansa Pasaman Bpk. Ahmad Hosen, S.Pd., MM. menyampaikan hasil pengamatan beliau selama study tiru yang baru saja dilakukan pa

16/01/2024 16:00 WIB - Mon Eferi
MKKS SMAN Pasaman Barat Study Tiru Ke SMAN 2 Denpasar

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan, Kepala Smansa Pasaman bersama rombongan MKKS SMA Negeri Pasaman mengadakan Study Tiru ke SM

15/01/2024 10:55 WIB - Mon Eferi
IHT Perencanaan Berbasis Data (PBD)

Hari I Lokakarya SMA Negeri 1 Pasaman, Kamis 04 Januari 2024, diisi dengan Workshop Perencanaan Berbasis Data dan Pengelolaan Kinerja Guru serta Kepala Sekolah, dengan narasumber Bpk. J

04/01/2024 15:41 WIB - Mon Eferi
Pemilihan Wakil Kepala Sekolah yang Baru

Wakil Kepala Sekolah merupakan tangan kanan Kepala Sekolah yang membantu Kepala Sekolah dalam mengelola kelangsungan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tugas pokok dan

04/01/2024 15:24 WIB - Mon Eferi
Seminar "Integrating Altissia into Classroom Lessons"

Pada hari Selasa 19 Desember 2023 SMA Negeri 1 Pasaman mengikuti Kegiatan Seminar Altissia "Integrating Altissia into Classroom Lessons" dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan

22/12/2023 13:25 WIB - Mon Eferi
SMAN 1 Pasaman Gelar Tes Kepribadian MBTI Bersama Ganesha Operation

Agar siswa mengenal tipe kepribadiannya, kekuatan dan kelemahannya, SMAN 1 Pasaman bekerjasama dengan Ganesha Operation (GO) mengadakan Tes MBTI untuk siswa Kelas 12 pada hari Ju

03/11/2023 15:15 WIB - Mon Eferi